Skip to content

ZAKAT DAN KETANGGUHAN SOSIAL

December 13, 2012

 Oleh : Irfan Afandi, MSI (*)

Salah Satu Ibadah yang dilakukan di bulan suci ramadhan adalah membayar zakat fitrah. Secara harfiah zakat berarti penyucian diri dan harta benda dengan jalan mengeluarkan sebagian harta dalam prosentase tertentu. Zakat fitrah sendiri merupakan peribadahan untuk menyempurnakan ibadah puasa. Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa pahala orang yang berpuasa di bulan ramadhan masih tertahan di langit; ketika mereka belum memenuhi pembayaran zakat fitrah.

Pentingnya zakat fitrah di bulan ramadhan bukan hanya dipandang dari sisi nilai normatif saja; tetapi zakat sendiri juga mempunyai nilai historis yang berlebih. Salah satunya adalah adanya fakta bahwa zakat mampu mendukung eksistensi manusia di tengah masyarakat. Zakat juga mampu menjadi mediasi seorang muslim ketika berinteraksi dengan orang lain dalam lingkungan sosialnya.

Tentu saja, manusia secara faktual diciptakan dalam keberbedaan; tetapi mereka mengemban tugas berat untuk menciptakan keseimbangan di muka bumi. Untuk itulah, Ronggowarsito, seorang pujangga Jawa, menjelaskan bahwa manusia harus sadar akan tiga hal; pertama, menungso iku tinathah bedho (manusia itu diciptakan dalam rupa dan bentuk yang berbeda); Allah menciptakan manusia dalam bentuk dan rupa yang berbeda; ada yang berkulit hitam, putih dan kuning; ada yang tinggi, ada yang pendek; ada yang kurus, ada yang gemuk. Kedua, menungso iku jinathah bedho (manusia itu diberi rizki yang berbeda). Harta yang dimilki masing-masing manusia berbeda antara satu dengan yang lain; ada yang kaya, ada pula yang miskin. Sedangkan yang terakhir, menungso iku tinitah bedho (manusia itu diperintah oleh Allah dengan perintah yang sama). Perintah yang sama tersebut adalah untuk berbuat baik dan beribadah kepada Allah SWT.

Gambaran tersebut dapat menjelaskan bahwa dalam masalah dunia, manusia cenderung mempunyai kepemilikan yang berbeda. Keberbedaan tersebut adalah sebuah fakta. Tidak ada yang menyangsikan bahwa rizki dan bentuk-rupa manusia itu berbeda; tetapi, untuk urusan visi dan misi hidup di dunia, semua manusia mempunyai kesamaan yakni berbuat baik dan menyembah Allah SWT. Walau begitu, seringkali keberbedaan-keberbedaan tersebut menumbuhkan perasaan negatif dalam lingkungan sosial. Sehingga, muncullah berbagai konflik di seantero negeri yang dipicu oleh masalah ‘yang kurang’ dan ‘yang lebih’. Si kaya menjadi curiga kepada si miskin; atau sebaliknya.

Di bulan romadhon ini, ibadah zakat menciptakan prinsip-prinsip yang menghilangkan kecurigaan-kecurigaan tersebut. Dengan memberi sebagian dari harta benda pada hakekatnya adalah mentransfer fitrah manusia menjadi sebuah tindakan; zakat menjadi perhatian dan penghargaan kepada orang lain; zakat adalah cara untuk memahami perasaan orang lain dan mendengarkan keluh kesahnya.

Zakat adalah alat untuk menumbuhkan sikap toleran dan suka menolong dalam diri manusia. Apabila zakat dapat dimaknai dengan hal positif tersebut maka cairlah suasana kaku akibat saling mencurigai di dalam keberbedaan. Dengan demikian, muncullah keseimbangan lingkungan sosial yang didasarkan potensi spiritual dalam peribadahan hamba. Di sisi lain, zakat merupakan metode pembelajaran agar seseorang memiliki kesadaran diri sebagai salah satu bagian dari lingkungan sosial. Bersikap emphatis dan memahami orang lain adalah bagian dari hikmah prinsipil zakat.

Demikianlah dua ibadah yang bersifat multi-dimensi di bulan Ramadhan. Sangatlah tepat kiranya harapan seorang sahabat Nabi ketika ia mengandaikan tentang indahnya dunia jika semua bulan adalah Ramadhan. Sebab, di bulan ramadhan ada rahmat, berokah dan juga ampunan dari dzat yang maha pengasih dan pemurah. wallahu’al@m bi showwab. ——————————————–

(*) Irfan Afandi, MSI, adalah pegiat studi al-Qur’an dan Hadis; staf pengajar di STAI Ibrahimy, Genteng-Banyuwangi

From → Artikel Qur an

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 336 other followers

%d bloggers like this: