Skip to content

Ilmu Quran Baru : Nifakologi (program baru)

December 14, 2012

Sekilas Program

Nifakologi, istilah ini mungkin sangat asing di telinga masyarakat, walau para pegiat studi qur’an sekalipun. Ini hanya istilah penulis atau usulan dari sahabat Daniyal Farius yang berisi kajian qur’an yang terkosentrasi tentang masalah sifat munafiq.

Nifakologi berasal dari dua kata yakni Nifaq=Nifaq dan Logos=ilmu. Jadi, nifakologi adalah sebuah kajian mendalam tentang munafik. Sumber pengtahuannya tentunya dari qur an yang dutafsirkan melalui riwayat atau ra’yi. Perpaduan ini dimaksudkan agar kajian Munafikologi ini dapat lebih komprehensif dan menjawab persoalan zaman abad 21. Maksud dari ra’yi di sini adalah pendekatan – pendekatan non riwayat yakni melalui ilmu bantu semisal bahasa, politik dan juga sejarah.

Kajian ini akan hadir setiap minggu 2 – 3 kali dengan hari yang akan diberitahukan melalui alamat facebook kami Irfan Afandi uwik-uwik. Semoga bermanfaat dan kami persilahkan untuk memberi respon positif.

Saya mengucapkan beribu terima kasih kepada sahabat Daniyal Farius atas masukannya yang bagus; yakni Munafikologi diganti dengan Nifakologi; di samping lebih easy listening tetapi juga menjadi lebih lues kajiannya dan tidak ideologis. walaupun berubah nama dari katagori ini tetapi tidak merubah obyek kajian yakni mengkaji sifat nifaq di dalam al-Qur’an dari pendekatan-pendekatan ilmiah.

From → Munafikologi

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: