Skip to content

Neraka Khutomah

December 13, 2012

Allah berfirman dalam Qur an Surat al-Humazah : 4

“Sekali-kali tidak! Sesungguhnya Dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam neraka Khuthomah”

Dan tahukah kamu apa Khutomah itu? Adalah api yang dinyalakan yang membakar hati (al-Humazah : 5-7).saya pernah mengotak-atik makna dari “khutomah” yang merupakan bentuk masdar dari kata kerja “Khotima” bermakna “memecah belah”. Kalau kata itu merupakan kata benda (ism) maka kalau diterjemahkan menjadi bahasa Indonesia adalah “perpecahan”. Jadi nar al-khutomah berarti “api perpecahan”. Sehingga, neraka itu terletak di dunia bukan hanya di akhirat.

Hal ini saya kaitkan dengan awal surat yang menyatakan siapa-siapa saja yang akan dimasukkan ke dalam neraka khutomah. Allah berfirman “celakalah, bagi pengumpat dan pencela; yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitungnya (al-Humazah : 1-2)”. Kumpulan pendapat yang ditulis oleh Ibn Jarir at-Thabari menyatakan Ibn Abbas dan Mujahid membedakan Humazah dan Lumazah yakni celaan yang dilakukan di depan orang yang dicela dan celaan yang dilakukan di belakang belakang orang yang dicela (ghibah).

Dari hubungan korelasional antara ‘Nar al-Khuthomah dengan dua aktifitas tercela itu adalah hubungan sebab akibat; di mana apabila manusia atau sekelompok manusia melakukan “humazah” dan “lumazah” yang didasarkan oleh perebutan harta/kekusaan yang dijadikan tujuan; maka mereka akan dimasukkan ke dalam neraka khuthomah yakni, panasnya api permusuhan dan perpecahan’. Dan mereka tidak bisa lari sebab mereka “diikat dalam tiang-tiang yang panjang (al-Humzah : 9)”

Semoga kita diberi petunjuk dan kekuatan untuk menjauhinya.
Amiiiiin

From → Tafsir Qur an

Leave a Comment

Leave a comment